Penting pembuatan taman dimasa Pandemi ?

Penting pembuatan taman dimasa Pandemi ?

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

Taman memiliki peran yang sangat penting pada situasi pandemi saat ini. Belum banyak yang mengetahui dan menjadikan taman sebagai bagian penting sebuah kota sehingga taman justru tak terawat.

Taman belum menjadi budaya dalam aktivitas sosial maupun keseharian kita dan kebanyakan masyarakat lebih senang bersosialisasi maupun sekadar berjalan-jalan ke mal. Padahal taman memiliki peran yang sangat krusial selain sebagai ruang terbuka hijau, area resapan, hingga paru-paru kawasan, taman juga memiliki peran yang sangat penting saat masa pandemi ini.

Setiap kota harus menjadikan taman sebagai salah satu bagian infrastruktur yang penting itu. Kota yang baik harus dirancang memiliki skenario antisipasi untuk situasi terburuk seperti lumpuh dan terisolasi, telekomunikasi lumpuh, infrastuktur jalan terputus, listrik padam, ketiadaan air bersih, dan sebagainya. Kota harus memiliki kemampuan antisipasi untuk pencegahan bencana termasuk pandemi yang bisa memetakan mitigasi dan pengurangan risiko dengan taman menjadi bagian diantaranya.

Hal ini tidak terlepas dari rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO) yang menerapkan protokol kesehatan sebuah kota. Bagaimana kota harus direncanakan, dirancang, dibangun, dikelola, dan dipantau sesuai dengan protokol kesehatan tersebut. Akhirnya, kota itu ibarat organisme hidup yang kompleks, bernafas, dan bisa memaksimalkan potensi kotanya.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Taman dimasa Pandemi

Terkait pandemi yang mengharuskan kita menerapkan berbagai norma baru termasuk menjaga lingkungan tetap bersih untuk memutus penularan wabah, taman sangat penting dalam mekanisme perkotaan yang sehat tersebut. Hal ini karena taman bisa memberikan berbagai manfaat seperti suplai oksigen, area penangkap sinar matahari yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh, hingga suasana yang bisa mengendurkan tingkat sres.
Terkait mulai dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemerintah telah mengeluarkan berbagai protokol kesehatan untuk bagimana kita beraktivitas di pusat perbelanjaan atau mall hal ini seharusnya juga diikuti dengan protokol kesehatan di taman.

Ada begitu banyak fungsi dan peran penting taman, jadi tinggal bagaimana kita mengatur saat pandemi ini supaya taman tidak justru menjadi klaster baru penularan wabah. Harus dibuat berbagai persyaratan sehingga masyarakat bisa tetap beraktivitas di taman. Misalnya selalu bermasker, menyediakan banyak tempat cuci tangan, jangan menggunakan dulu fasilitas seperti alat olah raga, arena bermain di taman, dan jangan berkerumun. Taman juga tidak perlu ada tempat parkir supaya yang datang benar-benar warga sekitar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jasa perawatan taman, klik HUBUNGI

Tuakang-Taman-Surabaya-Phone Tuakang-Taman-Surabaya-Whatsapp

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *